Pengertian (1)
Manajemen proyek perangkat lunak terdiri dari 3 suku kata yakni manajemen, proyek, dan
perangkat lunak. Manajemen berarti Memanage, mengendalikan atau Sebuah proses untuk mencapai
tujuan bersama dengan menggunakan empat fungsi utama, yaitu planning, organizing, actuating dan
controlling yang didasarkan pada sumber daya yang dimiliki., sedangkan proyek dapat berarti suatu
kegiatan mengkoordinasikan segala sesuatu dengan menggunakan perpaduan sumber daya manusia,
teknik, administratif, keuangan untuk mencapai tujuan yang jelas dan dalam periode waktu tertentu
sifatnya sementara, menghasilkan sesuatu yang khas, dan memiliki tujuan secara spesifik dengan
waktu yang terbatas. Proyek sendiri terhubung dengan berbagai source, baik itu human, tekhnologi
dan lain-lain. Sedangkan perangkat lunak contohnya adalah aplikasi, website dan lain-lain.
Proyek sendiri tidak rutin dilakukan, berarti apabila proyek tertentu telah mencapai goal maka
belum pasti memiliki kesempatan kembali untuk melakukan proyek yang serupa. Proyek juga dapat
diartikan sebagai usaha untuk membuat maupun memperbaiki sesuatu agar sesuai dengan keinginan
atau melampaui keinginan stalkholder.
Karakteristik Proyek (1)
Proyek dibangun secara progressive elaboration atau yang berate peembangun proyek
dilakukan secara luas lalu dikerucutkan lebih detail.
Pembangun proyek memerlukan sumber daya, baik itu sumber daya manusia, teknologi, keuangan
dan lain-lain untuk mendukung pembangunan proyek berlangsung lancar.
Sebuah proyek harus memiliki sponsor atau konsumen agar proyek tersebut memiliki dana dalam
pembangunan dan juga memiliki arahan atau tujuan atau goal.
Proyek dibatasi oleh budget, kualitas dan waktu, sebuah proyek biasanya tidak berulang
Sebuah proyek memunculkan ketidakpastian dan sulitnya untuk menentukan estimasi waktu, biaya
dan objek.
Proyek dikatakan lengkap apabila tujuan proyek tercapai, dan proyek dikatakan berhasil apabila
memperoleh hasil yang menyamai atau melebihi keinginan stalkholder.
Karakteristik Proyek Perangkat Lunak (2)(3)
Fred Brooks menyatakan bahwa produk dari proyek software mempunyai beberapa
karakteristik yang membuatnya berbeda. Satu cara untuk mengenali manajemen proyek
software adalah dengan suatu proses yang membuat sesuatu terlihat dari yang tidak terlihat.
Invisibility, ketika bangunan fisik dari suatu jembatan atau jalan dibangun maka
kemajuannya dapat terlihat. Tapi pada proyek software kemajuannya tidak dapat mudah
terlihat.
Complexity, harga yang dimiliki tidak dapat dengan mudah dihitung, produk proyek
software memiliki lebih banyak kompleksitas dari pada bangunan proyek yang lain.
Flexibility, mudah karena software dapat berubah dengan mudah hal dapat juga dilihat
sebagai kelebihannya. Hal ini berarti tampilan sistem software secara fisik atau organisasi
sistem seperti yang diharapkan sangat perlu, perubahan software harus dapat diakomodasi
oleh komponen demikian juga sebaliknya. Dapat disimpulkan bahwa sistem software lebih
merupakan subyek tingkat tinggi dari sesuatu yang sering berubah. Alasana Manajemen Proyek Perangkat Lunak lebih rumit dibandingkan Manajemen
proyek yang lain yakni:
1. Proyek Perangkat Lunak tidak nyata, sehingga perkembangan yang ada lebih sulit
dipantau oleh stalkholder.
2. Proyek Perangkat lunak memerlukan resource yang mahal.
3. Perangkat lunak lebih kompleks. Dan harus dibuat seflexible mungkin.
4. Memiliki resiko yang lebih besar ketika hasil yang didapat tidak sesuai dengan biaya
dan waktu yang dikeluarkan karena tenaga kerja tidak mampu mencapai goal yang
diinginkan stalkholder.
5. Penjadwalan proyek yang harus dilakukan serinci mungkin untuk menghindari
pembengkakan biaya, ataupun kegagalan dalam pengerjaan proyek.
6. Sulitnya untuk menalar keinginan stalkholder. Hal ini ketika stalkholder ingin ini itu,
tetapi itu hanyalah angan-angan belaka ketika hasil yang diinginkan hanya imajinasi
atau biaya yang dikeluarkan tidak sesuai dengan keinginan.
Daftar Pustaka
1. http:/ /xleronadia-pedia.blogspot.com/2019/09/Catatan-pertemuan-pertama-mata-
kuliah.html
2. http://singstright.blogspot.com/2011/06/perbedaan-proyek-software-dengan-
proyek.html
3. http://desy.lecturer.pens.ac.id/Manajemen%20Perangkat%20Lunak/TM-
04_Perencanaan%20Proyek%20Perangkat%20Lunak.pdf
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Catatan Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Pengertian (1) Manajemen proyek perangkat lunak terdiri dari 3 suku kata yakni manajemen, proyek, dan perangkat lunak. Manajemen berarti M...
-
hallo... pada postingan sebelumnya, kita sudahberkenalan dengan basis data. sehingga pasa postingan kali ini kita akan membahas tentang...
-
Pengertian Menurut Entity Relationship Diagram (ERD) Dalam rekayasa perangkat lunak, sebuah Entity-Relationship Model (ERM...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar